Saturday, August 24, 2013

Setelah artikel tentang Tips Bagaimana Urutan Stombox yang Tepat, hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana menaruh semua effect kamu itu ke dalam pedalboard. Beberapa produk menawarkan pedalboard yang compact hanya dengan satu jenis produk seperti BOSS bcb – 60. Namun pedalboard jenis ini hanya cocok untuk jenis produk BOSS.
(Sumber Gambar)
Padahal, terkadang kita memiliki setup pedal tidak terpacu pada satu jenis merk effect saja kan. Pada produk lokal bahkan telah memberikan pilihan merk pedalboard yang bisa sering kita jumpai di forum jual beli terbesar di Indonesia.
(Sumber Gambar)
Pedalboard seperti ini memudahkan kita untuk menaruh effect kita tanpa terpatok pada satu jenis merk effect. Namun kelemahan pada jenis pedalboard seperti ini yaitu mobilisasi. Tentu ketika kita harus show di luar kota atau latihan di studio yang mengharuskan kita naik kendaraan, memerlukan hardcase untuk pedalboard tersebut. Ketika hardcase dan pedalboard plus effect yang musti kita tenteng demi keamanan pedal kita, harga yang kita musti bayar adalah beratnya bawaan yang kita harus bawa, belum lagi kita bawa gitar kesayangan kita.
Sekarang ini terdapat jenis pedalboard yang ringkas yang biasa disebut dengan pedalboard plug-in. Kelebihan dari pedalboard ini adalah sebuah hardcase yang didesain supaya menjadi satu pedalboard. Jadi ketika kita membuka tutup hardcase tersebut langsung bisa diaplikasikan menjadi pedalboard. Kamu bisa memesannya di Blog resmi kami.
Setelah kamu tahu tentang beberapa jenis pedalboard. Sekarang kita coba tips – tips dalam mengatur effect pedal kamu di dalam pedalboard.
  1. Buatlah setup effectmu sesimpel mungkin
    Pada saat ingin mengatur rangkaian effect pada pedalboard, kita ingin selalu melengkapi koleksi effect. Padahal belum tentu effect tersebut kita pakai pada saat latihan atau perform.
  2. Tentukan prioritas stomboxmu
    Kita harus bijak dalam membuat rangkaian pedal pada pedalboard supaya kita mudah dibawa kemana – mana, dan ringan ditenteng. Tidak mungkin kan kamu menggunakan 20 stomboxs dalam satu rangkaian?. Kamu bisa tentukan prioritas pedal yang akan sering kamu pakai, 9-10 stomboxs cukup untuk perform.
  3. Pilih jenis pedal yang bisa menyimpan preset
    Apabila kamu tetap ingin memperbanyak jenis sound untuk kamu pakai, kamu bisa membeli stomboxs yang memiliki jenis preset yang banyak seperti Modulation kamu bisa membeli LINE 6 MM4.
  4. Pilih Adaptor (power supply) universal
    Beberapa pedal memiliki kebutuhan daya yang berbeda, ada yang 9volt, 12 volt, bahkan ada yang membutuhkan 15volt. Selain itu ada juga yang memiliki kutub negatif/positif. Namun sering sekali compact pedal memiliki daya 9volt. Oleh karena itu, kita sebaiknya memiliki power supply yang cukup untuk menampung compact pedalmu. Sebagai gambaran 5 unit compact pedal membutuhkan power 1000 Ampere. Untuk mengatasi jenis daya yang berbeda, biasanya beberapa effect menjual terpisah adaptornya atau menyertakan adaptor khusus untuk pedal tersebut. Nah untuk hal ini kamu membutuhkan stop kontak.
  5. Pilih stop kontak yang ramah tempat dan berkualitas
    Stop kontak ini hal yang simpel namun sangat vital kegunaannya. Kamu harus memilih produk yang berkualitas, paling tidak kamu harus memilih yang berbahan dasar kuningan. Pilih juga stop kontak yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu membeli stop kontak dengan colokan 8 lubang. Cukup 3 atau 4 lubang sesuai jumlah adaptor yang kamu miliki.
  6. Pilih daisy chain yang berkualitas
    Daisy Chain disini merupakan penghubung antara pedal satu dengan yang lain. Sangat penting bagi kamu memilih produk yang berkualitas namun ramah tempat di pedalboard. Beberapa produk dari Planet Waves merupakan pilihan yang tepat. Namun untuk menghemat biaya kamu juga bisa membuat sendiri, tentu dengan bahan yang baik pula.
  7. Pilih kabel konektor yang ramah tempat
    Saat kamu memilih kabel konektor, pilihlah konektor dengan bentuk “L” hal ini sangat menghemat tempat pada pedalboard kamu.
Tips diatas tadi semoga dapat memberikan informasi untuk kamu para gitaris, dalam memilih dan mengatur pedalboard kamu. Kalau kamu ingin menambahkan tips diatas, kami sangat senang sekali dalam berbagi wawasan. Tunggu tips – tips menarik lainnya seputar gitar selanjutnya dari kami.
Categories:

2 comments: