Friday, August 23, 2013

Hardcase Gitar merupakan bagian yang sangat penting dalam melindungi alat musik kesayanganmu. Apalagi bagi kamu para musisi yang sering melakukan show di luar kota, hardcase sudah merupakan suatu keharusan untuk keamanan alat musikmu.
Sumber Gambar
Dalam melakukan perjalanan khususnya menggunakan maskapai penerbangan, kita diharuskan menaruh hardcase gitar kita pada bagasi pesawat, dimana hal tersebut tidak dapat kita awasi secara langsung. Tentu teman – teman musisi sering mendengar bahwa beberapa groundstaff maskapai penerbangan tidak secara layak memperlakukan barang bawaan kita, bahkan terdapat beberapa kasus, barang kita hilang di bagasi pesawat tanpa ada tanggungjawab dari pihak maskapai penerbangan. Tentu hal tersebut sangat tidak kita inginkan, apalagi kita membawa alat musik yang harganya tidak murah.



Nah, berikut sedikit tips dari kami, untuk kamu yang sering travelling bersama hardcase kesayanganmu khususnya dengan menggunakan maskapai penerbangan:
  1. Longgarkan senar gitarmu.
    Melonggarkan Senar (Sumber Gambar)
    Perbedaan temperatur dan tekanan pada saat terbang setinggi ribuan kaki di udara dapat meningkatkan ketegangan pada neck gitarmu, senar gitar dalam posisi tune, dapat mengakibatkan tingginya tekanan pada neck gitarmu, dan dapat berakibat bengkoknya neck, meski sangat jarang terjadi, karena pada prinsipnya, neck pada gitar dapat menahan beban berat, namun kamu tidak mau mengambil risiko kan?!.
  2. Berikan tambahan pelindung pada gitarmu.
    Bila sempat, kamu boleh menambahkan bantalan yang cukup pada neck dan head stok gitar, dua bagian tersebut sangat rapuh pada benturan, bahkan dengan hardcase mahal sekalipun. Gunakan handuk atau kaos untuk membungkus dua bagian tersebut.
  3. Kunci Hardcasemu.
    Kunci Hardcase
    Jangan lupa, kunci hardcasemu. Hal ini merupakan keamanan paling awal dalam menjaga alat musikmu dari tangan – tangan yang tidak bertanggung jawab. Beberapa tipe produk hardcase memiliki jenis locking key dan combination key. Pasanglah kunci itu, jangan biarkan orang lain memangsa gitar kesayanganmu. Ingat kata Bang Napi, “Ingat, kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Waspadalah! Waspadalah!"
  4. Gunakan jasa wrapper plastic.
    Wrapping Bandara (Sumber Gambar)
    Setiap kali di bandara, dimanapun, kamu pasti menjumpai jasa wrapping plastic, nah jasa seperti ini sangat penting dalam keamanan hardcase kita.
    Jasa wrapping ini membungkus seluruh hardcase kita dari ujung headstok sampai body hardcase kita. Tentu hal ini sangat aman dalam melindungi alat musik dan hardcase kita juga. Hanya dengan empat puluh ribu rupiah, kamu sudah tidak perlu kuatir lagi hardcasemu masuk bagasi.
  5. Minta tag fragile.
    Fragile Tag (Sumber Gambar)
    Meski secara normatif saja tag fragile mengharuskan groundstaff lebih “halus” dalam memperlakukan hardcase kita dan kita tidak akan tahu bagaimana mereka memperlakukan bawaan kita. Tidak ada salahnya kita meminta ini pada saat check-in counter.
Tips diatas tadi semoga dapat memberikan informasi untuk kamu dalam melakukan perjalanan dengan gitar kesayanganmu. Kalau kamu ingin menambahkan tips diatas, kami sangat senang sekali dalam berbagi wawasan. Tunggu tips – tips menarik lainnya seputar gitar selanjutnya dari kami.
Categories:

0 comments:

Post a Comment