Thursday, August 22, 2013

Terkadang kalau kita bermain dengan gitar kita, kita merasa kurang nyaman apabila senar kita terdapat karat atau kotoran. Akibatnya kita merasa bosan dan malas untuk berlatih gitar, padahal kalau kita pengen jago bermain gitar harus berlatih sesering mungkin kan? Selain itu akibat dari tidak terawatnya senar gitar, yaitu sound yang dihasilkan oleh gitar kita tidak maksimal. Baik tone maupun playability.
Nah, penting sekali bagi kita untuk merawat senar gitar. Pada umumnya, senar gitar sendiri memiliki umur pemakaian. Dimana kalau kita setiap hari bermain gitar, sebaiknya senar gitar (baik elektrik maupun akustik) diganti setiap 3-4 bulan. Berikut tips-tips dalam membersihkan senar gitar kesayangan kamu:
  1. Bersihkan senar gitar setelah selesai digunakan.
    Senar gitar yang sehabis dipakai biasanya meninggalkan kotoran yang menempel dikarenakan keringat dari tangan kita bercampur dengan debu atau suhu lembab di ruangan kita. Nah, senar yang tidak dibersihkan kemudian akan mengakibatkan karat. Cara membersihkan senar gitar dapat dengan menggunakan tisu kering, kain kering atau juga Guitar Polish Cloths.
    Guitar Polish Cloths (Sumber Gambar)
    Gunakan Guitar Polish Cloths untuk membersihkan seluruh lapisan senar gitar, fret gitar, dan fingerboard gitarmu, bersihkan dengan teliti jangan sampai ada kotoran seperti karat, daki keringatmu, tertinggal pada gitarmu. Ingat, lakukan dengan hati-hati supaya gitarmu tidak tergores pada saat kamu membersihkan neck gitar. Jangan lupa setelah kamu selesai menggunakan Guitar Clothes dicuci sampai bersih dan kering untuk penggunaan berikutnya.
  2. Gunakan pembersih senar (String Cleaner).
    Setelah kamu selesai membersihkan senar, gunakan String Cleaner untuk melapisi senar, fret, dan fingerboard gitarmu, hal ini berguna untuk melapisi senarmu dari kotoran pada saat gitarmu tidak digunakan, juga melindungi dari debu yang menempel. Pada beberapa produk string cleaner juga mengklaim bahwa dapat menjaga tingkat sustain atau tone pada senarmu.
    String Cleaner (Sumber Gambar)
    Cara menggunakannya adalah, olesi senar, fret, dan fingerboard gitarmu secara menyeluruh dari ujung bridge sampai ke pangkal neck. Setelah selesai kamu olesi dengan string cleaner, jangan lupa dilap dengan Guitar Polish Cloths, tisu kering, kain bersih. Hal ini berguna untuk menjaga senar gitarmu tidak terlalu licin ketika kamu memainkan gitar.
  3. Taruh ke dalam hardcase gitar ketika gitar tidak digunakan.
    Sangat penting ketika kamu memiliki hardcase untuk gitar kesayanganmu, temperatur di ruanganmu sangat rentan pada jamur dan kelembapan yang dapat mengakibatkan gitarmu dengan sangat mudah terkena jamur dan senarmu akan mudah berkarat.
    Hardcase Gitar Elektrik
    Ketika kamu menaruh gitarmu dalam hardcase, usahakan ditambahkan Silica Gel yang berguna untuk menyerap kelembapan pada hardcase yang berlebihan.
    Silica Gel (Sumber Gambar)
Berikut kami berikan juga video tips membersihkan senar gitar yang kami dapat dari Youtube.
Tips diatas tadi semoga dapat memberikan informasi untuk kamu dalam merawat gitar kesayangan. Kalau kamu ingin menambahkan tips diatas, kami sangat senang sekali dalam berbagi wawasan. Tunggu tips – tips menarik lainnya seputar gitar selanjutnya dari kami.
Categories:

0 comments:

Post a Comment