Friday, August 23, 2013

Saat kita setup efek stombox, terkadang kita bingung bagaimana mengurutkan pedal delay, distorsi, wah, equalizer, chorus, flanger, tremolo, compressor, sustainer, dan booster, ketika kita tidak tahu apa fungsi dasar dari setiap stombox itu sendiri, rangkaian yang kita buat ketika tidak tepat, malah membuat suara gitar menjadi tidak maksimal. Memang dalam menyusun urutan stombox akan sulit ketika kita belum mengenal fungsi dan bagian dari stombox, berbeda dengan digital effect yang memudahkan user untuk mengatur dan menyimpan hasil utak – atik dari digital effect yang dimiliki. Namun kelebihan dari stombox atas digital effect adalah direct-cut-by pass signal yang memberikan hasil suara maksimal yang keluar dari gitarmu ke amplifier.
(Sumber Gambar)
Sebelum kita masuk bagaimana cara kita mengatur effect stombox kita, sebaiknya kita harus mengenal dulu dari berbagai kategori effect gitar:
  1. Shaping yang meliputi misalnya COMPRESSOR, WAH, PICKUP SIMULATOR, ACOUSTIC SIMULATOR, dll. Tujuan dari bagian ini adalah membentuk karakter awal dari sinyal suara tersebut.
  2. Drive yang meliputi seperti OVERDRIVE, DISTORTION, FUZZ, dan lain lain. Efek efek ini memotong / merusak sinyal suara, sehingga menjadi terdistorsi (dirt section).
  3. EQ yang meliputi EQUALIZER. atau terkadang AMP SIMULATOR juga bisa dimasukkan dalam kategori ini. Bagian ini lebih bermain main pada frekwensi sinyal suara.
  4. Modulation meliputi efek seperti HARMONIZER, FLANGER, PHASER, CHORUS, PITCH BENDER, TREMOLO.
  5. Echo adalah DELAY, REVERB.
Setelah kita tahu kategori masing – masing dari pedal itu, kita coba bahas cara yang tepat untuk menyusunnya. Ingat, tidak ada pakem yang pasti cara setup pedal kita, hanya pengalaman bereksperimenlah kita dapat menyusun stombox sesuai dengan karakter kita, yang belum tentu sama dengan musisi yang lain. Kebutuhan pedal antara musisi satu dengan yang lain pun berbeda. Jadi setup pedalmu dengan bijak, ringkas, dan sesuaikan dengan kebutuhanmu saja.
  1. Urutan yang pertama adalah Pedal Volume, dimana ini adalah cut signal yang paling utama
    Bagi kamu yang suka main pedal volume, effect ini sangat berguna ketika jari jemari kamu sibuk bernain gitar atau knob gitarmu terlalu jauh dari jangkauan jarimu. Selain itu, pedal volume ini biasanya memiliki fitur output untuk pedal tuner out yang berbeda dari rangkaian stomboxmu. Berbagai produk menawarkan fitur terbaik mereka, seperti BOSS VF-500H, Jim Dunlop DVP 1, kamu harus mempertimbangkan “ramah” nya ukuran pedal untuk ditaruh dalam pedalboardmu, karena pedal yang satu ini cukup berat dan memakan tempat. Kalau ingin pedal volume yang lebih kecil, kamu bisa gunakan BOSS VF-50H.
    (Sumber Gambar)
  2. Compressor
    Sangat berguna untuk membentuk karakter suara gitar, khususnya kalau kamu sering menggunakan clean sound, perhatikan tone yang jelas ketika kamu menggunakan compressor. Produk yang sering digunakan adalah BOSS CS-3. Pedal ini memberikan dinamika yang jelas, ketika kamu memetik gitar dengan power yang kuat, sustainer ini memaksimalkan suara yang dihasilkan. Kebanyakan musisi menjadikan pedal ini menjadi pedal andalan mereka.
    (Sumber Gambar)
  3. Drive/Distorsion (Dirt Section)
    Pedal ini memberikan nuansa kotor (dirt) dan biasanya bersifat hi-gain, nah pada seksi ini, kita harus berhati-dan bijak dalam mengaturnya, karena kalau kita terlalu over dalam mengaturnya, malah sound yang dihasilkan akan terkesan berisik dan menghasilkan feedback pada amplifier kita.
    (Sumber Gambar)
  4. Equalizer
    Kenapa EQ ditaruh setelah dirt section. Hal ini dikarenakan dirt section sangat sensitif pada sinyal dan harus disesuaikan (equalize) dengan EQ, untuk memberikan sinyal yang kita inginkan. Dan dengan ditaruhnya EQ pada bagian ini tidak akan mempengaruhi compressor yang ditaruh pada awal rangkaian.
    (Sumber Gambar)
  5. Modulation
    Pedal ini memberikan warna/corak pada suara yang keluar pada amplifiermu. Chorus, Flanger, Tremolo, adalah beberapa contoh pedal modulation. Kamu bisa mendengar suara khas Eddie Van Halen dengan pedal flangernya.
    (Sumber Gambar)
  6. Delay/Reverb
    Pedal ini memberikan nuasa pada suara yang keluar pada amplifiermu. Digital Delay memberikan suara yang berulang – ulang, dan pada beberapa produk memberikan fitur echo seperti LINE 6 DL 4 atau clean delay seperti BOSS DD-7. Kamu bisa memilih pedal yang sesuai dengan keinginanmu. Reverb pedal memberikan suara echo seperti pada ruangan terbuka, tertutup, yang akan mempermanis suara gitarmu. Kamu bisa mendengar nuansa delay pada lagu U2 – With or Without You. Awesome!!
    (Sumber Gambar)
  7. Booster
    Pedal ini penting bagi para gitaris saat mereka melakukan solo gitar. Pedal ini memberikan sinyal tambahan, dengan drive yang lembut, mempertebal suara yang dihasilkan oleh seluruh rangkaian pedalmu. Makanya pedal ini ditaruh pada akhir rangkaian. Beberapa fitur produk menawarkan bentuk yang simpel dan user friendly seperti Xotic EP Booster.
    (Sumber Gambar)
Berikut gambaran ringkas atas urutan effect pedal diatas:

Nah berikut kami berikan juga video setup pedalboard sederhana yang kami dapat dari Youtube.
Tips diatas tadi semoga dapat memberikan informasi untuk kamu para gitaris, dalam menentukan setup effect stombox yang sesuai dengan karakter kamu. Kalau kamu ingin menambahkan tips diatas, kami sangat senang sekali dalam berbagi wawasan. Tunggu tips – tips menarik lainnya seputar gitar selanjutnya dari kami.

Referensi :
  1. http://fadly-schatzi.blogspot.com/2009/04/effect-chain-effect-chain-atau-rantai.html
Categories:

19 comments:

  1. Salam kenal...mohon izinkan saya berbagi link untuk yg ingin memperdalam gitar dalam berbagai tehnik secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    trims

    ReplyDelete
  2. salam kenal mas, terima kasih atas berbagi ilmu nya.

    ReplyDelete
  3. salam kenal, kalo saya mau pasang effect wah (bukan wah volume) yg bagus itu pasangnya disebelah mana? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. itu termasuk modulation, jadi dipasang di akhir untuk out yg maksimal

    ReplyDelete
  5. Kalo rangkaian seri, colok di input aja gpp? Trus bagaimana untuk setup di amplinya kalo ada modulasi dicolok di input?

    ReplyDelete
  6. Kalo saya sih biasa pake Ultra metal sama equalizer aja, kadang ya cuma pake Ultra metal doang, asal amplinya Marshall JCM900 atau Orange TT :D
    Kalo soal karakter suara sama performanya, oke lah, soalnya pickupnya pake EMG :3

    ReplyDelete
  7. mau nanya mas... sy pakai ep booster juga, bagus nya posisinya dimana y, soalx selama ini saya pasang ep boosternya di loop amp (send/return), jadi noise gate - epbooster - delay ke return. sedangkan tuner dan overdrive ke input apa kah bisa begitu mas??

    ReplyDelete
  8. mas kalo mau nambahin whammy tepatnya posisi mana yah...

    ReplyDelete
  9. kalo urutannya Reverb-AcousticSimulattor-MetalCore gimana min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada aturan baku dalam menyusun stompbox, eksmperimen adalah cara paling benar jika kita ingin mendapat tone yg maksimal. Saya hanya berbagi pengalaman biasanya reverb disimpan paling akhir. Kenapa? Karena kita ingin mendapatkan sound distorsi yang bergema, bukan suara gema yang didistorsi. Kira2 simplenya gitu, so saran saya Metal Core - Acoustic Simulator - Reverb

      Delete
  10. Salam bro..aku kkdang bingung masalah susun pedal ni..
    Aku pny zoom 505ii,mt2,ds2,bf3,joyo high distort n mooer mod factory.
    Apa cadangn kamu boss untuk semua ini..mt2 n high distortion aku selang seli antara dua krn high distort soundnya agak moden bg aku..
    Tolong aku bro..dr malaysia tetapi x suka tanya soalan dr otai2(kata mereka)di sini..trima kasih..

    ReplyDelete
  11. kalo noise gate / reducer posisinya dimana ?

    ReplyDelete
  12. Mas kalo noise supressor nya boss letaknya dimana mas? Apa sama posisinya dengan compressor?

    ReplyDelete
  13. Kalo digital ke digital ke digital bagaimana ya hehehe bisa ajakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa2 aja klo kmu suka sound yg dihasilkan.. cuma kesannya makan tempat aja , klo digital ya digital aja tujuan dr efx digital kn mengurangi tempat dan membuat kita lebih simple.

      Delete
  14. Mas kalo saya mau pasang noiis gate itu d sebelah mana ?

    ReplyDelete
  15. Saya pakai digital, tepatnya PODx3Live. Rencana saya mau pakai stompbox, tapi mengingat biaya saya minim, saya mungkin kedepan hanya bisa beli 2 atau 3 unit stostompbox. pertanyaannya, jenis apa dulu yang saya utamakan. Saya memainkan all genre.

    ReplyDelete
  16. Maaf saya mau cromatic tuner behringer tu300
    -BOSS overdrive OD-3
    -BOSS EQ GE-7
    -BOSS booster FB-2
    -BOSS super chorus CH-1
    -BOSS DELAY DD-7minta solusi cara nyusun efek stompbox nih sama master2. Hehe
    Saya pake
    -
    cara nyusun yg bener gimana ya?
    Soalnya saya pemula gan.trims

    ReplyDelete
  17. Maaf saya mau tanya sama master2 cara nyusun efek stombox yg bener.
    -cromatic tuner behringer tu300
    -BOSS overdrive OD-3
    -BOSS EQ GE-7
    -BOSS booster FB-2
    -BOSS super chorus CH-1
    -BOSS DELAY DD-7
    -
    cara nyusun yg bener gimana ya?
    Soalnya saya pemula gan.trims

    ReplyDelete